you're reading...
Aneh, Dunia, Healthy, News, Serba-serbi

Mengetahui Waktu Kematian Melalui Sebuah Jam Tangan

Kematian adalah misteri kehidupan yang tidak ada seseorang pun tahu kapan akan datang. Namun bagaimana pada kenyataanya ada seseorang yang berani memprediksi kematian seseorang melalui sebuah jam tangan hasil ciptaannya? Sebuah jam tangan yang bernama Tikker disetting khusus untuk menghitung mundur tenggat waktu yang tersedia kehidupan sesorang.

jam kematianJam tangan yang dijuluki “Jam Tangan Kematian” ini dibuat oleh seseorang berkebangsaan Swedia bernama Fredrik Colting. Pada awalnya jam ini diberi nama “Jam Kebahagiaan” karena orang-orang yang memakai jam kematian tersebut menjadi lebih menghargai kehidupan yang lebih berarti.

“Bayangkan jika ada orang yang memberi tahu bahwa Anda hanya mempunyai waktu satu tahun lagi untuk hidup. Bagaimana hal tersebut akan mengubah hidup Anda? Bagi kita (makhluk hidup), semua kehidupan terbaik adalah sebelum menghadapi waktu kematian,” kata Colting, dalam penjelasannya kepada Daily Mail, Senin 7 Oktober 2013. Ia menambahkan, “Terjadinya kematian tidak mengherankan siapapun. Namun dalam masyarakat modern, kita jarang membicarakannya. Saya berpikir jika kita lebih sadar dengan waktu kematian, saya yakin kita akan membuat pilihan yang lebih baik selagi masih hidup.”

Colting menuturkan, ide pembuatan jam kematian ini terinspirasi oleh kematian kakeknya. Sebelum menyetting jam ini, pembelinya harus mengisi kuesioner yang menjelaskan beberapa pertanyaan tentang kondisinya, seperti seorang peminum (minuman keras) atau tidak, apakah memiliki riwayat sakit dalam jangka waktu yang lama, penyakit keturunan, merokok atau tidak. Selain itu, penggunanya juga harus menjelaskan apakah mereka rajin berolahraga atau tidak dan berat badan pada saat itu. Dari keterangan yang diberikan itu, Colting memprediksi waktu kematian para penggunanya.

Jam kematian ini memiliki fitur display digital yang terdiri dari tiga baris. Baris pertama menunjukkan waktu tanggal, bulan, dan tahun. Baris kedua menunjukkan waktu hitung mundur sisa hidup penggunanya berupa detik, menit, dan jam. Baris terakhir menunjukkan waktu setempat. “Dari tahun ke detik itu memperlihatkan waktu terus bergerak, tidak pernah berhenti, dan hidup kita akan berkurang menuju peristirahatan terakhir,” tutup Colting.

Rencananya jam tangan kematian ini dijual dengan harga US$ 59, dan akan dipasarkan bebas pada bulan April 2014. Walaupun jam tangan ini dapat memprediksi kematian seseorang, namun balik lagi kepada bagaimana kamu menyikapi hal ini. Segi positifnya, kita dapat pembelajaran bahwa siklus kehidupan seseorang seharusnya adalah metode pembelajaran manusia untuk belajar bagaimana untuk menghargai waktu dan berbagi dengan sesama.

Advertisements

Discussion

One thought on “Mengetahui Waktu Kematian Melalui Sebuah Jam Tangan

  1. terimakasih infonya gan .. http://goo.gl/J3D6lH

    Posted by kankerotak923 | January 10, 2014, 2:17 PM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: