you're reading...
Tokoh

10 Kutipan Terkenal Nelson Mandela

Nelson MandelaSesaat dunia terdiam pada tanggal 5 Desember 2013. Nelson Mandela menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 95 tahun akibat infeksi paru-paru yang dideritanya. Mantan presiden Afrika Selatan yang pernah meraih hadiah Nobel Perdamaian, hingga akhir hayatnya pun begitu banyak menginsipirasi dan mengilhami banyak orang di dunia dengan perjalanan hidupnya. Melawan diskriminasi saat rezim aparteid di Afrika Selatan, pernah membuat ia dipenjara 27 tahun lamanya.

Kamu mau tahu 10 kutipan terkenal Nelson Mandela yang begitu menginspirasi? Berikut catatannya:

1. “Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia.”
2. “Jika saya punya waktu lebih, saya akan melakukan hal yang sama lagi. Jadi, tidak setiap laki-laki berani menyebut dirinya laki-laki.”
3. “Pemimpin sejati harus siap mengorbankan semua untuk kebebasan rakyat mereka.”
4. “Kesulitan menjadi penghalang bagi beberapa orang, tapi malah jadi pendorong bagi orang lain. Tidak ada kapak yang cukup tajam untuk memotong semangat seorang pendosa untuk terus mencoba, seseorang yang dipersenjatai dengan harapan bahwa ia akan bangkit bahkan sampai kesudahannya.”
5. “Saya sangat benci diskriminasi ras dan segala manifestasinya. Saya telah berjuang melawan itu semua selama hidup saya. Saya melawannya sekarang, dan akan melakukannya sampai akhir hayat saya.”
6. “Jangan menilai saya dengan keberhasilan saya, nilailah saya dengan berapa kali saya jatuh dan bangkit lagi.”
7. “Untuk menjadi bebas tidak hanya untuk membuang rantai seseorang, tetapi untuk hidup dengan cara yang menghormati dan meningkatkan kebebasan orang lain.”
8. “Saya belajar bahwa keberanian bukanlah ketiadaan rasa takut, tetapi kemenangan atasnya. Orang pemberani bukanlah orang yang tidak merasa takut, tapi dia yang menang atas rasa takut itu.”
9. “Saya menyukai teman-teman yang memiliki pikiran bebas karena mereka cenderung membuat Anda melihat masalah dari semua sudut.”
10. “Seorang kepala yang baik dan hati yang baik selalu kombinasi yang tangguh.”

Itu tadi 10 kutipan terkenal Nelson Mandela. Semoga kamu juga terinspirasi tekad dan semangat juangnya. Bila kamu merasa merubah dunia adalah hal mustahil, mulailah dengan merubah dirimu menjadi pribadi yang baik dan disukai orang.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

